-

Latest Updates

Manfaat Kayu Manis dan Khasiatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan. Kayu manis biasanya digunakan sebagai bahan campuran berbagai masakan ataupun minuman, sebagai bahan penyedap. namun dibalik kegunaannya itu kayu manis ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. apa saja manfaat kayu manis serta khasiatya untuk kesehatan? silahkan disimak.

Kayu manis termasuk dalam jenis rempah, dan memiliki aroma manis dan pedas yang sangat khas. jadi tak heran jika kayu manis banyak digunakan sebagai pelengkap bahan masakan dan bahkan minuman untuk menambah citarasa dari masakan itu sendiri.

Manfaat Kayu Manis

Kayu manis mengandung kalsium, serat, besi, dan mangan, serta minyak esensial. kayu manis dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti halnya mencegah diabetes, menurunkan kolesterol sampai menyeimbangkan hormon. dan pengobatan tradisional China menggunakan kayu manis sebagai untuk menyembuhkan penyakit seperti flu dan gangguan pencernaan. berikut adalah khasiat serta manfaat kayu manis selengkapnya.

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan


1. Meringankan flu
Kandungan yang terdapat pada kayu manis dapat mengurangu flu, dan sangat tepat bila dikombinasikan dengan jahe. Kandungan anti-inflamasi membantu memperlancar sirkulasi dalam tubuh. sehingga secara perlahan flu anda akan semakin membaik.


2. Mencegah & Mengobati Kanker
Penelitian di University of Texas, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer, menemukan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker, baik untuk pencegahan kanker dan mengobati penderita penyakit kanker.


3. Menurunkan Kolesterol
Kayu manis mengandung kalsium, serat, dan banyak mineral seperti mangan. Untuk itu, kayu manis sangat cocok untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung. Selain itu Kayu manis juga bisa menurunkan kolesterol. Kalsium dan serat pada kayu manis juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Tak hanya itu, serat pada kayu manis juga bisa mengobati konstipasi atau diare


4. Mengontrol Gula Darah
Kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes.


5. Meningkatkan Fungsi Otak
Dengan mencium aroma kayu manis diketahui dapat meningkatkan aktivitas otak. Selain itu aroma kayu manis juga mampu meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam berkonsentrasi, mengingat, serta kecepatan bekerja pada program komputer.


6. Menghangatkan Tubuh
Kayu manis biasanya digunakan pada pengobatan tradisional China pada orang yang terkena demam atau influenza. Hal ini karena kayu manis mengandung zat yang membuat tubuh lebih hangat dan nyaman.


7. Sebagai anti-bakteri
Kayu manis Banyak digunakan untuk menyingkirkan bakteri jahat tanpa merusak gigi atau gusi. Itu sebabnya kayu manis banyak digunakan pada produk pasta gigi, obat kumur dan permen penyegar napas. Khasiat kayu manis juga bisa didapatkan dengan mencampurkan bubuk kayu manis ke dalam teh, cokelat panas atau susu hangat.


8. Mencegah Penyakit Jantung
Kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya cukup efektif dalam melindungi jantung terhadap sebuah kerusakan maupun infeksi, terutama pada arteri yang dikarenakan makanan berlemak.


9. Menghilangkan Nyeri Rematik
Jika anda atau keluarga mengalami nyeri lantaran rematik, anda bisa memanfaatkan khasiat kayu manis untuk mengatasinya. Menurut sebuah penilitian Universitas Copenhagen, kayu manis dapat membantu menghilangkan rasa nyeri karena ramtik.


10. Mencegah penggumpalan darah
Minyak Cinnamaldehyde yang dihasilkan oleh kayu manis mampu mencegah penggumpalan darah. Kayu manis mengeluarkan asam lemak anti-peradangan yang disebut arachidonic. Asam lemak ini kemudian mengurangi radang dan penggumpalan darah.

Manfaat Kayu Manis untuk Kecantikan

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan kayu manis juga bermanfaat untuk kecantikan jika dipadukan dengan bahan lain seperti minyak zaitun atau madu, berikut manfaat kayu manis untuk kecantikan.


1. Masker Anti Jerawat
Manfaat anti bakteri yang terdapat pada kayu manis mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Campurkan bubuk kayu manis dengan madu dan oleskan dengan kuas ke wajah yang sudah dibersihkan, biarkan mengering selama 10 menit, dan bilas hingga bersih. Madu dapat mengurangi peradangan dan memberikan kelembaban pada wajah.


2. Penyegar Napas
Karena memiliki kandungan antibakteri, kayu manis juga bisa digunakan untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab bau mulut. Caranya yaitu dengan menyeduh kayu manis dengan air hangat dan kemudian gunakan untuk berkumur.


3. Mengangkat Sel Kulit Mati
Sel sel kulit mati menyebabkan kulit tampak kering dan pecah pecah hal ini tentu saja sangat menganggu penampilan anda. campurkan kayu manis dengan dengan garam, minyak zaitun, dan madu sebagai scrub untuk menghilangkan sel sel kulit mati.


4. Penyubur rambut
Apakah anda memiliki masalah rambut rontok? dan anda ingin menyuburkan rambut anda kembali? kayu manis bia menjadi pilihan anda. Gunakan kayu manis yang dicampur madu sebagai bahan masker rambut, biarkan 10-15 menit, kemudian bilas sampai bersih. Namun jika memiliki kulit kepala yang sensitif, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
untuk masalah rambut rontok anda bisa membaca selengkapnya disini.

Manfaat Kayu Manis


Demikianlah manfaat kayu manis untuk kesehatan dan kecantikan, dibalik rasa dan aromanya yang enak kayu manis ternyata menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. nah jika anda mengalami masalah kesehatan atau kecantikan diatas kini anda bisa menggunakan kayu manis sebagai pilihan. semoga bermanfaat, Salam.

0 Response to "Manfaat Kayu Manis dan Khasiatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Post a Comment